Muhammad Husni : Politik Sehat Dapat Membawa Kesejahteraan

    Muhammad Husni : Politik Sehat Dapat Membawa Kesejahteraan
    Muhammad Husni, S, I, Kom

    Aceh Tanggara - Persepsi masyarakat terhadap dunia politik memang beraneka-ragam. Berharap politik dapat membawa kesejahteraan meskipun tidak sedikit yang mencoba menjauhi politik,  

    HARIINI.CO.ID
    market.biz.id HARIINI.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Berita tentang gaduh politik memang lebih dominan menghiasi koran dan televisi dibanding tampilan wajah politik yang menyejukkan. Belum lagi kebijakan publik yang dihasilkan dari proses politik kadang malah menanamkan kekecewaan terhadap sang pendukung.

    WARTAMILITER.COM
    market.biz.id WARTAMILITER.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Sebagai contoh ungkapan populer di masyarakat tentang bedanya Pil KB dan Pilkada. ‘Katanya pil KB kalau lupa jadi, sedangkan pilkada kalau jadi lupa’. Sindiran ini mewakili suara minor publik tentang politik yang menggambarkan realitas sebenarnya. Masyarakat memandang bahwa politik sebagai jalan untuk meraih kuasa dengan menghalalkan segala cara.

    RILISNASIONAL
    market.biz.id RILISNASIONAL
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Jejak perpolitikan negeri ini memang penuh dinamika. Sejak masa reformasi rakyat berkesempatan memilih kepala negara dan kepala daerah secara langsung. Meski masih banyak kekurangan kita patut bersyukur karena suksesi kepemimpinan nasional dalam 20 tahun terakhir bisa dilewati dengan aman dan damai.

    Cortado steamed milk
    market.biz.id Cortado steamed milk
    9% Rp 2.300
    Beli sekarang!

    Pemilu Serentak 2019 yang berlangsung pertama kali di Indonesia menjadi bukti proses politik dan demokrasi masyarakat semakin matang. Perbedaan pilihan politik tidak lantas membuat konflik masyarakat berkepanjangan. Partisipasi publik yang tinggi dalam pemilu merefleksikan kesadaran politik yang semakin meningkat.

    JURNALIS.TV
    market.biz.id JURNALIS.TV
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Banyak teori dan tafsir politik, alangkah lebih baik jika kita mengembangkan makna politik dengan artikulasi yang positif bagi pendidikan pemilih. Politik sebagai sarana pengaturan urusan masyarakat dalam segala aspek kehidupan. Pemerintah mengatur dan melayani urusan masyarakat dan masyarakat melakukan koreksi terhadap pemerintah dalam melaksanakan tugas dan pelayanan.

    Praktik politik semestinya berorientasi untuk memberikan perlindungan kepada kaum miskin, kelompok yang lemah serta sarana menegakkan kebenaran dan keadilan. Narasi seperti ini hendaknya bukan cuma jargon tapi harus diterjemahkan dalam praktik dan kebijakan yang bisa dirasakan oleh masyarakat.

    Ibarat senjata, politik dapat digunakan untuk menghadirkan kebaikan dan kemanfaatan tapi bisa juga dipakai untuk kejahatan dan kemudharatan. Hal tersebut bergantung kepada aktor politik yang memainkan peran dalam perhelatan demokrasi. Baik buruknya politik di mata masyarakat dipengaruhi oleh perilaku politisi dalam membela kepetingan rakyat.

    MAGZ.CO.ID
    market.biz.id MAGZ.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Kebiasaan berpolitik secara sehat harus dilandasi dengan kejujuran dan keterbukaan. Satunya kata dengan perbuatan, karena politik merupakan investasi kepercayaan yang harus dijaga dan dirawat dengan konsisten. Maraknya praktik politik uang dalam setiap pemilihan (pilkades, pilkada, pileg dan pilpres) karena publik tidak yakin dengan janji yang ditawarkan maka benefit mesti diperoleh sebelum pemilihan.

    Membangun politik yang sehat adalah mengembalikan kepercayaan publik melalui keteladanan para pemimpin dan wakil rakyat. Mereka yang mendapat amanat dituntut untuk ikhlas mengabdi kepada masyarakat bukan malah memperkaya diri dengan korupsi. Kesadaran bahwa kekuasaan dan jabatan yang diraih berasal dari suara rakyat diharapkan dapat membentengi politisi dari tindakan semena-mena.  

    Black Coffee
    market.biz.id Black Coffee
    18% Rp 4.500
    Beli sekarang!

    Panggung politik yang sering diwarnai kegaduhan menimbulkan kegamangan ditengah masyarakat. Apakah partisipasi politik yang telah dilaksanakan dalam pemilu mampu mendatangkan manfaat di kehidupan sehari-hari. Hendaknya politisi berlomba mejadi problem solver guna mengatasi kesulitan rakyat, bukan justeru sebagai trouble maker yang menyusahkan masyarakat

    Husni_Ariga90

    Husni_Ariga90

    Artikel Sebelumnya

    Wartawan Jadi Klaster Prioritas Mendapat...

    Artikel Berikutnya

    Sosialisasi Kodim 0108/Agara kepada 23 Orang...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 498

    Postingan Tahun ini: 2089

    Registered: May 25, 2021

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 475

    Postingan Tahun ini: 2530

    Registered: Apr 8, 2021

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 179

    Postingan Tahun ini: 179

    Registered: Jul 11, 2020

    Afrido

    Afrido verified

    Postingan Bulan ini: 146

    Postingan Tahun ini: 583

    Registered: Oct 4, 2021

    Profle

    HermanDjide verified

    Siswa SMP Negeri 2 Bantaeng Terima Buku Laporan, Kepsek Sebut Terjadi Fluktuasi, Kadis Dikbud: Kita Cari Solusi Agar Tidak Terjadi Looss Learning
    Kuda Sang Jawara Asal Jeneponto Ini Dikontrak Fantastis ke Jakarta Perebutkan Kejurnas Piala Presiden 2022
    Diduga Rusak Lahan Warga Untuk Tambang Ilegal, Inisial ‘D’ Lecehkan Aparat Penegak Hukum 
    Warga Unggah Aksi Pungli ke Media Sosial, Pelaku Diamankan ke Polsek Perdagangan

    Rekomendasi

    Raup Untung Harga Cabai Tinggi, Petani di Abdya Ucapkan Terimakasih Untuk Babinsa
    Terima Kunker Kasiter Korem 012 TU, Kodim Abdya Unjuk Lahan Percontohan Jagung
    Dukung Kelancaran Latihan Ancab YTP, Prajurit Kodim Abdya Doa Bersama
    Kirab Taruna AAU Berlangsung Meriah di Malioboro
    Apkowil di Abdya Turut Pastikan Stok Beras Aman Hingga Hari Raya Idul Adha

    Ikuti Kami